Join satoriya90's empire

Senin, 21 Juni 2010

Kisi'' Konsep E-Business (UAS)

Essay (60%)
1. Location Based e-commerce

2. Alat-alat pembayaran elektronik (e-payment)
a) e-cash
E-cash
merupakan gambaran dari simbol electronik yang memiliki nilai (bit dan byte) seringkali digunakan dalam transaksi barang dan jasa. E-cash dipublikasikan oleh institusi legal, perusahaan dan organisasi. E-cash biasanya memiliki keterbatasan penerimaan (bergantung seberapa besar publisher market-nya).
Dibawah ini beberapa perusahaan yang menerbitkan e-cash:
1. Digicash : ditemukan oleh team dari veteran industri perangkat lunak dan anggota dari elite technology units of the Israeli Army.
2. Mondex: ditemukan tahun 1990, Westminster Bank di Inggris - sekarang ini telah terpisah dari mastercard.
3. Paypal : bagian dari perusahaan ebay, diintegrasikan dengan e-bay.

b) e-wallet
Penyimpanan kartu kredit, e-cash, identitas pribadi dan alamat
- Membuat belanja lebih mudah efisien
o. Mengurangi kebutuhan untuk mengulangi informasi pribadi yang
diidentifikasikan kedalam formulir pembayaran
o. bekerja didalam berbagai tempat perbelanjaan yang berbeda untuk
mempercepat pemeriksaan.
- Amazon.com merupakan salah satu situs penjualan pertama yang
mengurangi pengisian formulir pembayaran.

c) Smartcards
Smart card didefinisikan sebagai kartu sejenis ATM yang disatukan dengan
integrated circuit (IC) yang mana dapat memproses informasi. Smart card juga
digunakan untuk menyimpan data pribadi, kesehatan, dan informasi asuransi.
banyak smart card yang menggunakan kombinasi password atau PIN. Sejauh ini
tidaklah sukses di amerika, tetapi sangat terkenal di eropa, australia dan jepang.
Mondex merupakan salah satu penerbit smart card yang terkenal.. Spesifikasi dari
mondex:
1. Menyimpan e-cash
2. Dikembangkan oleh mastercard internasional
3. Membutuhkan alat pembaca kartu yang spesifik, yg dinamakan Mondex, untuk
penjual atau pembeli yang menggunakan pembelian melalui internet.
4. Menggunakan chip rahasia untuk pengiriman protokol chip.

d) Kartu Kredit
Sistem pembayaran ini dinamakan setelah ditemukannya small plastic card pada
penggunaan dari sistem tersebut. Kebanyakan di gunakan dalam pembelian melalui
internet dan memiliki keterbatasan. MOTO merupakan kepanjangan dari "Mail
Order / Telephone Order". Sering digunakan dalam alamat pengiriman dan tagihan
kartu kredit.

Hasil perbandingan proses transaksi berdasarkan jenis-jenis transaksi

* E-cash
Pelanggan mengunakan alat seperti virtual money selama menggunakan transaksi yang menggunakan berbagai macam metode
* E-wallet
program e-wallet yang mengesahkan secara otomatis formulirnpembayaran konsumen (hanya bekerja pada pedagang e-payment )
*Smart card
menggunakan metode yang kompleks dalam melakukan proses pembayaran melalui pengesahaan chip pembeli dan penjual, dan memiliki sistem keamanan sendiri (lebih aman)
*Credit card (MOTO)
Pengisian formulir pembayaran dilakukan secara manual (nama, nomor kartu kredit, PIN)

3. CRM
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan baik itu lewat telepon, e-mail, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.

Pentingnya CRM :
- Karena tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar.
- Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.
- Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita
- Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual.

Manfaat CRM :
- Jumlah konsumen bertambah, yaitu mencari konsumen baru disamping tetap memelihara tingkat kepuasan konsumen yang sudah ada.
- Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen, yaitu dengan mengetahui kebutuhan konsumen.
- Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang, yaitu melalui hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data-data transaksi yang sudah terkumpul.
- Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas transaksi, yaitu mengetahui tindak kriminal seperti penipuan dan lain sebagainya.
- Mengetahui perbaiakn yang harus dilakukan pada service yang diberikan kepada konsuman.
- Mampu menganalisa pola data transaksi, sebagai contoh mampu mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu tertentu.
- Mengurangi resiko operasional, yaitu dengan mengetahui prediksi yang akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan melalui customer history

4. E-auction (prosesnya)

Tahap-tahap dalam melakukan lelang (e-auction) :
1) Searching and Comparing (mencari dan membandingkan)
- kapan dan dimana lelang diadakan
- bisa menggunakan software untuk notifikasi : auction aggregator
2) Getting start at an auction :
- registrasi
- listing down auction barang apa aja
- melihat harga sekarang (real time)
3) Bidding (penawaran)
- melakukan pengamatan dan melakukan penawaran yang banyak.
- snipping : penjual sendiri yang masuk lelang di detik-detik trerakhir dan menawar dengan harga tinggi, hal ini dilakukan karea harganya terlalu rendah (mengambil kembali barang lelang) supaya harga kembali tinggi
- proxy birds : ikut lelang menggunakan software untuk menawar harga secara otomatis sampai harga yang sudah ditentukan.
4) Post Auction Follow Up (Kegiatan setelah lelang)
- adanya nofitikasi penawaran
- adaya notifikasi bila lelang sudah berakhir


5. Order fulfillment

6. Pengertian perusahaan Jasa dan jasa

Kasus : tentang e-payment terutama Smartcard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar